.
YAYASAN
SINAR QOLBUN SALIM
YAYASAN
SINAR QOLBUN SALIM
Login

Istidroj


Pakem Ysqs.Selasa, 9 November 2021 / 4 Rabi’ul Akhir 1443

عن أَبي موسى رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم: ((إنَّ الله لَيُمْلِي لِلظَّالِمِ، فَإِذَا أخَذَهُ لَمْ يُفْلِتْهُ))، ثُمَّ قَرَأَ: {وكَذَلِكَ أَخْذُ رَبِّكَ إِذَا أَخَذَ الْقُرَى وَهِيَ ظَالِمَةٌ إِنَّ أَخْذَهُ أَلِيمٌ شَدِيدٌ} [هود: 102] مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

Dari Abu Musa r.a., katanya: “Rasululiah s.a.w. bersabda:

“Sesungguhnya Allah itu menantikan untuk orang yang zalim -tidak segera dijatuhi hukuman, tetapi apabila Allah telah menghukumnya, maka tidak akan melepaskannya sama sekali – sampai hancur sehancur-hancurnya.
Selanjutnya beliau s.a.w. membaca ayat – yang artinya: “Dan demikianlah hukuman yang diberikan oleh Tuhanmu jikalau Dia menghukum negeri yang melakukan kezaliman. Sesungguhnya hukuman Tuhan itu adalah pedih dan keras.” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran yang dapa diambil dari hadits diatas :

1- Seorang yang berbuat kezhaliman kadang kala dibiarkan oleh Allah Subhanahu wata’ala didalam kezhalimannya sehingga melanjutkan terus menerus perbuatannya, na’udzubillah.
2- Maka seseorang yang dibiarkan oleh Allah dalam kezhaliman, itu sebenarnya malapetaka yang sangat besar, maka tidak perlu tergesa-gesa baginya ‘iqob(hukuman).
3- Daripada bentuk istijraj maka dibiarkan oleh Allah didalam kezhalimannya tidak cepat dihukum supaya menumpuk-numpuk atasnya kezhalim-kezhalimannya.
Maka apabila Allah sudah menghumnya tidak akan ada yang bisa melepaskannya.
4- Maka kewajiban seseorang untuk mewaspadai akan dirinya untuk tidak menumpuk kezhalimannya karena itu merupakan musibah paling besar.
5- Apabila seorang berbuat kezhaliman lalu disegerakan hakuman/azab/iqobnya mungkin dia akan cepat sadar, bertaubat dan akan meninggalkan kezhalimannya tetapi bila dia dibiarkan dalam kezhaliman maka akan terus bertambah kezhaliman-kezhalimannya dan dosa-dosanya dan akan terus bertambah-tambah siksanya. Tetapi apabila Allah telah menghukumnya, maka tidak akan melepaskannya sama sekali – sampai hancur sehancur-hancurnya.

Ayat Alquran yang berkaitan dengan hadist di atas sbb:

1- Allah Subhanahu wata’ala kadang kala membukakan bagi mereka yang tenggelam didalam kezhaliman semua pintu rezeki dan semua segi kehidupan di dunia, hingga mereka benar-benar teperdaya oleh apa yang sedang mereka alami, dan mereka berkeyakinan bahwa diri mereka mempunyai sesuatu pegangan.
Allah akan memberikan masa tangguh kepada mereka. Dengan kata lain, Allah tenggelamkan mereka di dalamnya dalam waktu yang cukup lama.Yakni sangat kuat lagi sangat keras azabnya.

وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُون، وَأُمْلِي لَهُمْ إِنَّ كَيْدِي مَتِينٌ

Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui. Dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh.[Al A’raf 182:183]

2- Sesungguhnya Allah benar-benar mencatat(dosa orang) yang zalim; hingga manakala Dia mengazab-Nya, maka tidak akan dapat menyelamatkan dirinya dari azab Allah.

وَكَذَلِكَ أَخْذُ رَبِّكَ إِذَا أَخَذَ الْقُرَى وَهِيَ ظَالِمَةٌ إِنَّ أَخْذَهُ أَلِيمٌ شَدِيدٌ

  1. Dan begitulah azab Tuhanmu, apabila Dia mengazab penduduk negeri-negeri yang berbuat zalim. Sesungguhnya azab-Nya itu adalah sangat pedih lagi keras.[ Hud:102]

Pengasuh Yayasan

ustadz iwan supriatna
Ust Iwan Supriatna. SAg. MSI
donasi yayasan sinar qolbun salim

donasi yayasan sinar qolbun salim

Bank Syariah Indonesia
No rek. 7158371418
an. Iwan Supriatna

BSI (ex Bank Syariah Mandiri)
No rek. 7220007728
an. Yayasan Sinar Qolbun Salim

BSI (ex BNI Syariah)
No rek. 3676873360
an. Iwan Supriatna

donasi yayasan sinar qolbun salim

BPD DIY Syariah
No rek. 809211000436
an. Yayasan Sinar Qolbun Salim

BPD DIY Syariah
No rek 804211000030
an. Iwan Supriatna

donasi yayasan sinar qolbun salim

Bank Rakyat Indonesia (BRI)
No rek 024701028840509
an. Iwan Supriatna

donasi yayasan sinar qolbun salim

BPD DIY
No rek 005221008967
an. Iwan Supriatna

donasi yayasan sinar qolbun salim

Konfirmasi Donasi :

Kontak No Hp : 082328659995
Iwan Supriatna SAg. MSi
Atau Klik :
Copyright © 2022 Yayasan Sinar Qolbun Salim
Development by JogjaDigital